Stories

Featured stories

Hal yang paling urgent untuk melakukan penyelamatan hutan di Kabupaten Aceh Utara saat ini adalah melakukan review izin terhadap pemegang izin Hak Guna Usaha (HGU) dan Hutan Tanaman Industri (HTI).
Hasil investigasi selama ini, banyak HGU maupun HTI yang ada di Aceh Utara menyalahi secara ketentuan mulai dari fase permohonan izin sampai dengan fase pelaksanaannya, sebagai contoh izin milik PT. Rencong Pulp and Paper Industri (PT. RPPI), PT. Mandum Payah Tamita (PT. MPT), PT Setya Agung dan masih banyak izin-izin usaha lain yang bergerak dibidang pemanfaatan hutan yang melanggar dengan ketentuan yang telah ada.

Degradasi lahan dan hutan adalah proses dimana kondisi lingkungan biofisik berubah akibat aktifitas manusia terhadap suatu lahan dan hutan, perubahan kondisi lingkungan tersebut cenderung merusak dan tidak diinginkan, Kerusakan lingkungan ini bisa menyebabkan berkurangnya tutupan hutan, berdampak secara signifikan terhadap kondisi alam sekitar, serta bisa mengakibatkan bencana alam, seiring dengan maraknya Penambahan kuota perkebunan sawit yang dilakukan oleh manusia dengan memperluas Hak Guna Usahanya (Hak Guna Usaha adalah hak untuk mengusahakan tanah yang dikuasai oleh negara dalam jangka waktu tertentu sebagaimana disebutkan dalam pasal 29 UUPA) ini akan semakin...