Program Sedang Berjalan

Program Selamatkan Hutan dan Lahan Melalui Tata Kelola Hutan dan Lahan yang Baik (SETAPAK), menitikberatkan pada peningkatan tata kelola hutan dan lahan di Indonesia

 

Tentang SETAPAK

Program Selamatkan Hutan dan Lahan Melalui Tata Kelola Hutan dan Lahan yang Baik (SETAPAK), the Asia Foundation (SETAPAK) merupakan program yang didanai oleh United Kingdom Climate Change Unit – British Embassy. Program ini menitikberatkan pada peningkatan tata kelola hutan dan lahan di Indonesia. Tata kelola hutan dan lahan yang baik akan memungkinkan desentralisasi pemerintahan Indonesia untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan, perlindungan dan distribusi manfaat dari sumber daya alam untuk mencapai pertumbuhan yang berkesinambuangan yang berpihak pada kelompok lemah (pro-poor).

 

Meningkatkan tata kelola tanah untuk melindungi hutan dan komunitas di Indonesia

SETAPAK telah bekerja untuk meningkatkan tata kelola hutan dan lahan di Indonesia sejak 2011. Program ini mendukung tata kelola hutan dan lahan yang baik untuk mengurangi emisi gas rumah kaca serta memastikan manfaat dari sumber daya alam didistribusikan secara berkelanjutan dan berkeadilan.

Indonesia memiliki hutan hujan tropis terbesar ketiga di dunia, yang saat ini rusak sekitar 8.400 kilometer persegi setiap tahunnya. Lahan gambut Indonesia juga merupakan sumber alam yang penting, namun sekitar 120.000 kilometer persegi telah terganggu, bahkan di beberapa tempat tidak dapat diperbaiki lagi. Perubahan ini menyumbang 80 persen emisi gas rumah kaca di Indonesia, tertinggi ketiga di dunia. Kondisi ini juga meningkatkan resiko bencana alam seperti banjir, mengganggu kehidupan hewan dan tumbuhan, mengurangi pendapatan negara, menyebabkan terjadinya konflik lahan, dan mempengaruhi mata pencaharian.

BYTRA bekerja di daerah Aceh khususnya Aceh Utara untuk meningkatkan tata kelola hutan dan lahan. Kerja BYTRA dengan SETAPAK berada di bawah tema tata kelola hutan dan lahan sebagai berikut:

Mempromosikan pengelolaan hutan berbasis kemasyarakatanDi Aceh, dan secara langsung di Aceh Utara, BYTRA mempromosikan penggunaan hutan yang berkelanjutan. Organisasi ini memberdayakan lembaga-lembaga masyarakat melalui dukungan dan pelatihan untuk memberlakukan pengelolaan hutan masyarakat. Untuk memastikan praktik-praktik hutan masyarakat berkelanjutan, BYTRA membentuk badan regulasi daerah dari pengelolaan hutan masyarakat di Aceh.Meningkatkan kebijakan nasional dan lokalKerja BYTRA juga fokus pada reformasi kebijakan di seluruh wilayah Aceh untuk mendukung kerja-kerja BYTRA dalam mempromosikan keberlanjutan. Hal ini melibatkan penguatan hutan yang baik dan hukum tata kelola lahan, seperti mendukung alternatif perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan, dan pengawasan terhadap adanya pelanggaran-pelanggaran. BYTRA meninjau kembali izin perusahaan-perusahaan kelapa sawit untuk memastikan mereka mematuhi peraturan. Tindakan–tindakan ini berkontribusi untuk membersihkan dan meningkatkan kebijakan-kebijakan tata kelola lahan lokal di Aceh.

Sekretariat Bytra

Sekretariat Bytra

Jalan Antara No.1, Gampong Teumpok Teungoh,

Kec. Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh Kode Pos. 24351