Mukim Aceh Utara Desak Pemerintah Cabut Izin PT. MPT dan PT. RPPI

LayarBerita, Aceh Utara – Forum Mukim (Forkim) Aceh Utara mendesak Bupati setempat merekomendasi pencabutan  izin PT. Mandum Payah Tamita (MPT) dan PT. Rencong Pulm dan Paper Industry (RPPI) karena kedua perusahaan ini dinilai mengancam keberlangsungan lingkungan hidup di wilayah ini.

Terkait kedua perusahaan pemegang Izin Usaha Pemanfaatan Hutan Kayu – Hutan Tanaman Industri (IUPHHK-HTI) tersebut telah dibahas dalam pertemuan  Forkim Aceh Utara dan tokoh masyarakat setempat dengan beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Lhokseumawe,  kamis (14/4/16).

Mereka menilai kehadiran PT.MPT dan PT.RPPI membuka peluang terjadinya bencana banjir dan konflik satwa, seperti diakui oleh Bupati Aceh Utara Muhammad Thaib dalam statementnya  di media massa saat merespon sejumlah bencana banjir di Aceh Utara.

” Jangan hanya berkomentar saja di media akan tetapi harus ada bukti nyata, Bupati diminta berani untuk tidak mengeluarkan surat rekomendasi” kata salah seorang mukim dalam pertemuan tersebut.

Jika pemerintah daerah tidak mampu menyelesaikan persoalan kedua perusahaan tersebut, maka tidak menutup kemungkinan masyarakat yang kena dampak akan melakukan mosi tidak percaya kepada pemerintah. Dan  kasus kedua perusahaan tersebut akan dibawa keranah hukum, terlebih bukti pelanggaran yang dilakukan sudah dimiliki, tulis Ketua Divisi Advokasi Walhi Aceh Nasir Buloh dalam website walhiaceh.or.id (14/4/16)

LSM yang hadir dalam pertemuan tersubut, Walhi Aceh, HAKa, PeNa, KPHA, BYTRA, SILFA, dan LBH Pos Lhokseumawe menyatakan siap mendampingi warga dalam penyelesaian kasus ini.

Salah satu hasil pertemuan disepakati  Forkim, tokoh masyarakat dan kalangan LSM akan  melakukan audiensi dengan Bupati Aceh Utara, Gubernur  dan DPR Aceh sebagai tindak lanjut  penyelesaian masalah.  Jika gagal, tidak menutup kemungkinan masalah ini akan dilanjutkan ke pemerintah pusat. (zs)

Sekretariat Bytra

Sekretariat Bytra

Jalan Antara No.1, Gampong Teumpok Teungoh,

Kec. Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh Kode Pos. 24351