LSM Bytra: Sawit Tak Mampu Sejahterakan Masyarakat Lokal

MEDIAACEH.CO, Lhokseumawe - Produksi kelapa sawit secara besar-besaran dan mengusai lahan perkebunan di Indoensia termasuk di Aceh dianggap belum berpihak pada masyarakat. Kelapa sawit dianggap hanya menguntungkan pengusaha dan belum mampu mengangkat kesejahteraan masyarakat lokal.

“Selain merusak lingkungan, dari hasil penelitian Bappenas, tanaman sawit juga selama ini tidak mampu mengangkat kesejahteraan masyarakat lokal secara signifikan,” ujar Muhadi Bukhari, Program Manager LSM Bina Rakyat Sejahtera (Bytra), kepada mediaaceh.co, Jumat, 29 April 2016.

Selama ini menurutnya, pasar kelapa sawit sebagai salah komoditi terbesar di Indonesia masih dalam intervensi negara lain. Menurut Muhadi, Indonesia belum mampu mengintervensi harga sawit secara mandiri, padahal Indonesia salah satu negara penghasil sawit terbesar di dunia.

“Bayangkan Indonesia termasuk penghasil sawit terbesar di dunia, tapi harga pasar masih diintervensi asing, makanya penghasilan dari sawit tidak lebih tinggi memberikan dampak terhadap kesejahteraan petani,” katanya.

Ia juga setuju rencana Presiden Jokowi mencanagkan program moratorium untuk kelapa sawit. Hal tersebut dianggap penting juga untuk menyelamatkan lingkungan yang semakin rusak akibat ekspansi sawit yang selama ini terjadi besar-besaran.

Sekretariat Bytra

Sekretariat Bytra

Jalan Antara No.1, Gampong Teumpok Teungoh,

Kec. Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh Kode Pos. 24351