LSM Bytra dan Forkim Audiensi Pemeliharaan Hutan dengan Dishutbun Aceh Utara

LINTAS NASIONAL – LHOKSUKON, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Bina Rakyat Sejahtera (Bytra) bersama Forum Komunikasi Imum Mukim (Forkim) Aceh Utara melakukan audiensi dengan Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Aceh Utara, Senin, 22 Februari 2016 siang.

Pewakilan LSM Bytra dan Forkim disambut langsung oleh Kepala Dishutbun Aceh Utara, Ir. Kastabuna, MP, yang didampingi Kepala Bidang (Kabid) Kehutanan, Ir. M. Ichwan, pertemuan audiensi berlangsung di ruangan Kabid Kehutanan setempat.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Forkim Aceh Utara, Tgk. Ismail menanyakan beberapa hal diantaranya; keberadaan Panglima Uteun (Panglima Hutan) dalam hak pengelolaan kawasan hutan (Hutan Adat) serta wilayah kelola Mukim.

Menanggapi pertanyaan tersebut Ir. Kastabuna, MP, mengatakan bahwasanya keberadaan Panglima Uteun di Kabupaten Aceh Utara ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK) Dishutbun namun dalam beberapa tahun ini sempat terhenti karena persoalan pendanaan.

“Dalam beberapa tahun ini panglima uteun sempat kita tugaskan di wilayah yang terdapat hutan, namun sejak 2013 hingga sekarang panglima uteun tidak bisa SK-kan lagi karena menyangkut dengan masalah pendanaan yang minim,” ujarnya.

Sementara itu menyangkut persoalan wilayah kelola Mukim dalam kawasan hutan adat, Kadis Dishutbun sangat mendukung rencana tersebut, karena dapat meningkatkan peran masyarakat dalam mengawasi hutan, namun ada beberapa langkah yang harus disiapkan seperti adanya SK Bupati yang menetapkan wilayah hutan adat.

“Kita sangat mendukung hal tersebut, saat ini kita juga sudah mengusulkan hutan kelola masyarakat yang terletak di Kecamatan Sawang, namun masih dalam tahap proses pengurusan,” pungkas Kadis Dishutbun dihadapan para Imum Mukim.

Selain itu Forkim juga harus mengaktifkan struktur-struktur pemerintahannya seperti adanya Panglima Uteun, adanya peradilan adat serta pemetaan luas wilayah hutan adat.

Sementara itu, Muhadi dari LSM Bytra sangat mengapresiasi pertemuan ini, Ia mengatakan dengan adanya audiensi ini kita bisa menyatukan persepsi dan kesepahaman dalam mengelola dan menjaga wilayah hutan.

“ Melalui audiensi ini kita bisa melihat bahwasanya semangat dalam menjaga hutan itu sangat tinggi baik itu dari Forkim maupun Dishutbun itu sendiri, kedepannya kita berharap ada langkah-langkah tindak lanjut yang dilakukan dalam proses pengelolaan wilayah hutan adat,” ungkapnya.

Selain itu, Ia juga berharap agar eksistensi Imum Mukim di Aceh Utara dapat terus berlanjut, karena pemerintahan mukim bagian dari keistimewaan Aceh dan menjadi kebanggaan tersendiri dalam masyarakat. (Mustafa K. Hasan)

Sekretariat Bytra

Sekretariat Bytra

Jalan Antara No.1, Gampong Teumpok Teungoh,

Kec. Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh Kode Pos. 24351