Kolaborasi LSM dan Pemkab Aceh Utara Lahirkan Instruksi Moratorium Izin Perkebunan Sawit

Bupati Aceh Utara H. Muhammad Thaib (Cek Mad) menerbitkan Instruksi Bupati terkait dengan moratorium izin pengembangan perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Aceh Utara.
Instruksi Bupati dengan Nomor: 548/INSTR/2016 tersebut dibahas dalam workshop “Strategi Pembangunan Perkebunan dan Implementasi Moratorium Izin Perkebunan Sawit Baru di Aceh Utara” yang digagas oleh LSM Bina Rakyat Sejahtera (Bytra) di Hotel Lido Graha, Rabu, 12 Oktober 2016.
“Instruksi ini terbit atas dasar mengantisipasi degradasi lingkungan di Aceh Utara yang menjadi salah satu penyebab berkurangnya debit air berih dan bencana kekeringan,” ujar Cek Mad.
Bupati menambahkan, moratorium tersebut juga berfungsi untuk mengantisipasi terjadinnya konflik antara warga dengan satwa liar.
“Satwa liar terutama gajah dan harimau harus kita lindungi. Oleh sebab itu, jeda izin untuk tanaman sawit juga menjadi strategi dalam mengantisipasi konflik satwa dan manusia. Terlebih kita juga komit memberantas praktik illegal logging,” tambahnya.
Beberapa poin penting dalam instruksi tersebut, yaitu tidak membuat tata ruang untuk perkebunan sawit, dan tidak menerbitkan analisa pertimbangan teknis ketersediaan lahan untuk tanaman sawit.
“Saya melarang dinas mengeluarkan izin perkebunan sawit baru dan juga melarang alokasi anggaran dari APBK untuk pengembangan lahan sawit. Perlu juga dilakukan monitoring dan evaluasi terkait izin HGU yang akan habis masanya,” pungkasnya.
Sementara itu, Program Manager LSM Bytra Muhadi sangat mengapresiasi langkah yang diambil oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Utara.
“Intruksi moratorium izin pengembangan perkebunan sawit ini merupakan langkah tepat dan smart yang dilakukan oleh bupati, mengingat kondisi Aceh Utara sudah sangat mengkhawatirkan terutama terkait dengan kondisi lingkungan,” ungkap Muhadi.
Selain itu, Muhadi juga menyebutkan dalam tataran nasional baru ada dua daerah yang melakukan moratorium izin perkebunan sawit ini.
“Kabupaten Aceh Utara merupakan salah satu daerah yang mengusulkan moratorium izin perkebunan sawit, satu daerah lainnya yaitu Kalimantan, sehingga ini patut di apresiasi,” paparnya.

Editor : Mustafa Kamal Hasan
Sumber : lintasnasional.com

Sekretariat Bytra

Sekretariat Bytra

Jalan Antara No.1, Gampong Teumpok Teungoh,

Kec. Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh Kode Pos. 24351